Multimedia Sebagai Konsep Dan Aplikasi Pendidikan
MULTIMEDIA SEBAGAI ALAT UNTUK MENYAMPAIKAN PEMBELAJARAN
Multimedia Sebagai Konsep dan Aplikasi pendidikan
Konsep multimedia
Pengertian multimedia
![]() |
Konsep Multimedia |
Pendidikan tidak memandang seseorang dari kelebihan atau kakurangan fisik maupun psikis. pendidikan dimanapun ialah hak dari semua orang. akseptor didik ditakdirkan mempunyai kelainan secara fisik menyerupai mata yang kurang berfungsi sehingga tidak bisa melihat, membaca dan menulis. indera pendengaran yang kurang mendengar sehingga memerlukan bahasa isyarat, dan cacat fisik sehingga sanggup menghambat peroses pebelajaran. selain kelainan fisik akseptor ada juga yang mengalami kelainan mental yang rendah ( ideot ) , emosi yang tidak setabil sangat pemarah, pendiam atau tida mau bersosial, dan bisa juga ada kelainan intelektual sangat rendah maupun sangat tinggi. keseuma hal tersebut mempengaruhi terhadap peroses pembelajaran.
Media pembelajaran berbasis multimedia menjadi solusi dalam menghadapi problem tersebut diatas alasannya ialah multimedia sanggup menyentuh seluruh panca indra : penglihatan, Pengecap, pendengaran dan peraba. multimedia sanggup menyajikan info yang sanggup dilihat, didengar dan dilakukan, sehingga multimedia sangatlah efektif untuk menjadi alat ( tool ) yang lengkap dalam peroses pengajaran dan pembelajaran.
Konsep Multimedia
Di dalam seni pertunjukan teater yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering kali disebut pertunjukan multi media. pertunjukan multimedia tersebut meliputi media monitor video dan karya seni insan sebagai bab dari pertunjukan. dalam perkembangan selanjutnya penggunaan istilah multimedia mengalami pedikit perubahan, tadinya mempunyai makna seni pertunjukan dengan memakai aneka macam media beralih keistilah komputer, maka hasilnya multimedia masuk dalam kosa kata komputer.
Konsep multimedia dari waktu kewaktu berubah-ubah pada setiapp masanya. pada masa 60-an multimedia diartikan sebagai kumlupan atau gabungan dari aneka macam peralatan media yang berbeda untuk digunakan persentasi. Pada tahun 90-an multimdia dimaknai sebagai Transmitting text, audio and graphic in real time. makna yang lebih luan berdasarkan Gayestik ( 1993 ) multimedia sebagai suatu sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang bisa menciptakan, menyimpan, menyajikan, dan mengakses kembali info berupa text , gerafik, suara, video atau animasi.
Pengertian Multimedia
Pengertian multimedia sanggup berbeda dari sudut pandang orang yang berbeda. Secara umu, multimedia berafiliasi dengan penggunaan lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Misalnya , Video musik ialah bentuk multimedia alasannya ialah info memakai audio /suara dan video. berbeda dengan rekaman musik yang hanya memakai audio/suara sehingga disebut monomedia.
Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi berasal dari bahasa latin, yaitu nouns yang berarti banyak atau bermacam-macam. Sedangkan kata media berasal dari bahasa latin , yaitu Medium yang berarti mediator atau suatu yang digunakan untuk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu. kata medium dalam American Hertage Electronic Dictionary ( 1991 ) diartika sebagai alat untuk medistribusikan dalam mempersentasikan informasi. Berdasarkan itu semua multimedia merupakan perpaduan antara aneka macam media ( Format File ) yang berupa text, gambar ( vektor atau bitmap ), gerafik, sound, animasi, video, interaksi, dan lain-lain yang telah dikemas menjadi file digital ( komputerisasi ), digunakan untuk memberikan atau menghantarkan pesan kepada publik. Multimedia ialah suatu kombinasi data atau media untuk memberikan suatu info sehingga info itu tersaji dengan lebih menarik ( Rosch, 1996 ).
Oblinger ( 1993 ) mendefinisikan multimedia merupakan penyatuan dua atau lebih media komunikasi menyerupai teks, gerafik, animasi, audio, dan video dengan ciri-ciri interaktivitas komputer untuk menghasilkan suatu presentasi menarik. Gayeski ( 1993 ) mendefinisikan multimedia merupakan kumpulan media berbasis komputer dan sistem komunikasi yang mempunyai tugas untuk membangun, menyimpan , menghantarkan dan mendapatkan info dalam bentuk teks, gerafik, audio, video dan sebagainya. Munir dan Halimah Badioze Zaman ( 1999) mendefinisikan multimedia sebagai keterpaduan diantara aneka macam media teks, gambar, video dan animasi dalam satu media digitital yang mempunyai kemampuan untuk interaktif, unmpan balik dan info diperoleh dengan cara yang non-linear.
Multimedia dalam konteks komputer berdasarkan Hofstetter ( 2001 ) ialah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ( tool) dan koneksi ( link ) sehingga pengguna sanggup melakan navigasi , berinteraksi, berkarya dan berkomunikas. berdasarkan pengertian itu multimedia terdiri dari empat faktor, yaitu : (i) Ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan dingar, (ii) Ada link yang memakai pengguna dengan info , (iii) Ada alat navigasi yang membantu pengguna menjelajah jaringan info yang saling terhubung, dan (iv) multimedia menyediakan daerah kepada pengguna untuk mengumpulkan, memperoses, dan mengkomunikasikan info dengan inspirasi secara interaktif.
Jika salah satu komponen tidak ada, bukan berarti multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jikalau tidak ada komputer berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk menentukan jalannya suatu tindakan itu namanya Film, bukan multimedia. Demikian juga jikalau tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyembungkan inspirasi sendiri maka namanya Televisi , bukan multimedia.
MULTIMEDIA SEBAGAI ALAT UNTUK MENYAMPAIKAN PEMBELAJARAN
Multimedia Sebagai Konsep dan Aplikasi pendidikan
Konsep multimedia
Pengertian multimedia