Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Helikopter Multi Tugas Mil Mi-1 (Kode Identifikasi Nato-Hare)



Kemayoran, Jakarta, Senin, 16 Juli 2018

Kembali pada artikel yang mengulas secara singkat, banyak sekali hal yang berkaitan dengan dunia militer, dan kali ini yang akan kita ulas ialah salah satu helikopter yang memang menjadi pionir dalam perkembangan helikopter di Uni Soviet.


Kalau sebelumnya, yang kita bahas ialah helikopter yang tergolong modern, menyerupai Mil Mi-24 dan Mil Mi-28, maka kali ini, yang akan diupload ialah cikal bakal dari helikopter tersebut, atau nenek moyang dari helikopter Uni Soviet, Mil Mi-1. Jika dibandingkan dengan helikopter-helikopter modern milik Rusia ketika ini, tentu saja helikopter ini terlihat sangat "ketinggalan jaman". Namun, pada masanya, helikopter Mil Mi-1 ini pernah menjadi tulang punggung dari angkatan bersenjata Uni Soviet, dan menjadi andalan dalam hal mobilisasi pasukan, logistik, dan lain-lain. Dapat dikatakan, Mil Mi-1 menjadi perintis jalan bagi terciptanya helikopter modern Uni Soviet ketika ini.


Didesain oleh Mikhail Mil, Mi-1 ialah helicopter Uni Soviet pertama yang diproduksi, dan helicopter pertama yang dipakai oleh militer Uni Soviet. 

Selama Perang Dunia ke II, Mil yang telah mempunyai pengalaman sbelum perang, bekerja bersama Nikolai Ilyich Kamov, seorang pencetus dalam pengembangan helicopter Soviet, memimpin seksi helicopter eksperimental. Purwarupanya diberi nama GM-1 (Gelikopter Mil), dibentuk dan terbang pada tahun 1948 dengan dikendarai oleh pilot test M.K. Baikalov. 


Helicopter tersebut mempunyai rotor utama tunggal, kokpit yang tertutup (untuk seorang pilot dan maksimal tiga penumpang) dan tubuh pesawat yang terbuat dari metal monocoque. Baikalov tewas di dalam salah satu purwarupa ketika purwarupa tersebut jatuh akhir kesalahan welding ketika pemasangan bearing rotor ekor.


Helicopter ini ditenagai oleh mesin tunggal Ivchenko Al-26V radial berbahan bakar bensin.

Bilah rotornya dibentuk dari baja dan plywood dengan lapisan fabric. Sebuah rotor anti torque ditaruh di samping ekor. Penyangga yang panjang dipasang dibawah ekor untuk melindungi rotor ekor dari kerusakan ketika lepas landas dan mendarat. Bagian bawah dari moncong heli dipasangi beling untuk menunjukkan pilot pandangan yang terbaik ketika mendarat. Versi produksi dilengkapi dengan sebuah altimeter radio, yang dipasang di bawah ekor. Di semua versi, materi bakar dibawa di dalam tangki berkapasitas 240 liter/53 galon. Untuk menunjukkan pemanis jarak tempuh, sebuah tangki materi bakar pemanis berkapasitas 160 liter/35 galon sanggup dipasang di bab sisi kanan tubuh helicopter.


Tipe ini telah dipakai dalam militer Uni Soviet ketika delapan buah tipe ini ditampilkan di depan public pertama kalinya pada Tushino Aviation Day tahun 1951. Produksi dari Mi-1 (Kode identifikasi NATO; Hare) dilakukan selama periode 16 tahun di Uni Soviet, dimana telah dibentuk 1.000 unit. Produksi dari tipe yang diberi nama SM-1, oleh WSK PZL di Swidnik, Polandia dimulai pada tahun 1955, dan lebih dari 1.500 tubuh pesawat diselesaikan. 


Pengamat penerbangan pada ketika itu melihat kesamaan profil antara M-1 dan Sikorsky S-51 buatan Amerika Serikat, dan juga Bristol tipe 171 Sycamore buatan Inggris. Tipe ini diekspor untuk dipakai sebagai persenjataan udara dari negara-negara pakta Warsawa, serta negara-neara sahabat Uni Soviet. Mil Mi-1 dipakai dalam banyak sekali fungsi dan misi, termasuk misi pengintaian, transport, SAR, MEDEVAC (dilengkapi dengan keranjang usungan di sisi tubuh heli), latihan, dan pengamatan. Versi yang dilengkapi dengan pelampung juga diproduksi.


Ini ialah periode pengembangan dan penemuan dalam teknologi helicopter, jadi ketika produksi dari tipe ini berlanjut, tipe ini terus mengalami peningkatan dan perbaikan yang berefek pada peningkatan kehandalannya. Sejalan dengan kebanyakan perlengkapan Uni Soviet lainnya, heikopter ini didesain untuk beroperasi dalam kondisi dingin, sehingga dilengkapi dengan system de-icing untuk rotor dan beling depan kokpit.


Militer pengguna tipe ini dari luar Uni Soviet yaitu Angkatan Udara Afghanistan, Angkatan Udara Albania, Angkatan Udara Algeria, Cina, Kuba, Cekoslovakia, Jerman Timur, Mesir, Finlandia, Hungaria, Irak, Mongolia, Korea Utara, Rumania, dan Syria.    
  

Terbang Perdana : 20 September 1948
Kru : 1 Orang
Bobot : 1.700 kg (Kosong), MTOW : 2.330 kg


Dimensi :
Diameter rotor: 14,35 m 
Panjang : 12,09 m
Tinggi : 3,30 m

Persenjataan :
Senjata utama : -

Mesin : 1 X Ivchenko Al-26V piston engine
Performa : Kecepatan maksimum : 205 km/jam
Ketinggian maksimum : 3.500 m
Jarak maksimum : 560 km

Sumber : 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com