Kisi - kisi UN Biologi Fisika Kimia SMA/MA Tahun 2019 (Resmi dari BSNP)
Kisi - kisi Ujian Nasional (UN) termasuk Mata Pelajaran IPA (Biologi, Fisika, dan Kimia) secara resmi telah dirilis oleh Badan Nasional Standar Pedidikan (BSNP) dalam Surat Keputusan BSNP Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018.
Kisi - kisi UN Fisika - IPA SMA/MA 2019
Kisi - kisi UN Kimia - IPA SMA/MA 2019
Terakhir diperbarui: 02-12-2018
Berikut ini akan Admin tuliskan secara berurutan kisi - kisi UN SMA/MA 2019 Jurusan IPA mulai dari mata pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia. Sedangkan untuk kisi - kisi UN IPA jenjang SMP - MTs, Anda bisa membacanya di halaman Kisi - kisi UN IPA SMP/MTs Tahun 2019 (Resmi dari BSNP).
Kisi - kisi UN Biologi - IPA SMA/MA 2019
Level Kognitif | Lingkup Materi |
Pengetahuan dan Pemahaman - Menyebutkan - Menunjukkan - Menjelaskan | Keanekaragaman Hayati dan Ekologi Peserta didik dapat memahami tentang: - ciri- ciri kelompok makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan - tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) di Indonesia Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Peserta didik dapat memahami tentang: - struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tinggi, hewan vertebrata, dan manusia. - sistem organ dan fungsinya - gangguan/penyakit pada sistem organ manusia Biomolekuler dan Bioteknologi Peserta didik dapat memahami tentang: - struktur, fungsi, dan susunan kimia sel - susunan dan fungsi RNA, DNA, dan kromosom - metabolisme sel - prinsip bioteknologi Genetika dan Evolusi Peserta didik dapat memahami tentang: - hukum-hukum Mendel - mutasi gen dan kromosom - teori evolusi biologi |
Aplikasi - Mengklasifikasikan - Menentukan - Mengurutkan - Meramalkan - Menghitung - Mengemukakan | Keanekaragaman Hayati dan Ekologi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - pemecahan masalah biologi dengan kerja ilmiah - dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup - daur hidup makhluk hidup (invertebrata dan tumbuhan tingkat rendah) - aliran energi dan daur materi pada ekosistem - dampak perubahan lingkungan dan tindakan perbaikannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - mekanisme kerja sistem organ tubuh manusia - pengaruh gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ Biomolekuler dan Bioteknologi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - transpor membran - sifat enzim dan kinerjanya - katabolisme dan anabolisme (karbohidrat, protein, lemak) - reproduksi sel - sintesis protein - dampak bioteknologi Genetika dan Evolusi Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - persilangan menurut hukum Mendel - penyimpangan semu hukum Mendel - hereditas pada manusia - petunjuk/bukti-bukti evolusi |
Penalaran - Menyimpulkan - Menganalisis - Merumuskan - Menemukan - Mengintepretasikan | Keanekaragaman Hayati dan Ekologi Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: - dampak interaksi makhluk hidup dalam ekosistem terhadap keseimbangan lingkungan - tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: - data hasil uji laboratorium klinis - percobaan faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan Biomolekuler dan Bioteknologi Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: - percobaan transpor membran - percobaan kinerja enzim - mekanisme katabolisme dan anabolisme - mekanisme bioteknologi Genetika dan Evolusi Peserta didik dapat menggunakan nalar tentang: - penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta silsilah - mekanisme evolusi |
Kisi - kisi UN Fisika - IPA SMA/MA 2019
Level Kognitif | Lingkup Materi |
Pengetahuan dan pemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membedakan Mengelompokkan/ mengklasifikasi | Mekanika Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - pengukuran - hubungan Impuls dan momentum Gelombang dan Optik Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - karakteristik gelombang - ciri-ciri bunyi dan cahaya Termodinamika Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - sifat-sifat gas ideal Listrik, Magnet, dan Fisika Modern Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - spektrum gelombang elektromagnet - inti atom - karakteristik inti atom dan radioaktivitas - manfaat radioaktif dalam teknologi |
Aplikasi Menginterpretasi Menghitung Mengurutkan Menerapkan Memodifikasi | Mekanika Peserta didik mampu mengaplikasikan tentang: - pengukuran - vektor - hukum Newton - gerak planet dan satelit dalam tata surya - usaha, energi dan perubahannya - hukum kekekalan energi mekanik - gerak lurus, gerak melingkar, gerak parabola - impuls, momentum, dan tumbukan - torsi, momen inersia, titik berat, momentum sudut pada benda tegar - fluida statis dan dinamis Gelombang dan Optik Peserta didik mampu mengaplikasikan tentang: - gelombang bunyi - gelombang cahaya Termodinamika Peserta didik mampu mengaplikasikan tentang: - azas Black - kalor dan perpindahan kalor - gas ideal dan hukum termodinamika Listrik, Magnet, dan Fisika Modern Peserta didik mampu mengaplikasikan tentang: - listrik statis - alat ukur listrik - rangkaian AC dan DC - gelombang elektromagnet - induksi dan gaya magnetik - gejala kuantum - teori relativitas khusus - inti atom |
Penalaran Membandingkan Menemukan Menyimpulkan Menggabungkan Menganalisis Merumuskan Memprediksi Memecahkan masalah | Mekanika Peserta didik mampu bernalar tentang: - gerak lurus, gerak melingkar, gerak parabola - hukum Newton - gerak planet dan satelit dalam tata surya - usaha, energi dan perubahannya - hukum kekekalan energi mekanik - torsi, momen inersia, titik berat, momentum sudut pada benda tegar - pengaruh gaya pada sifat elastisitas Gelombang dan Optik Peserta didik mampu bernalar tentang: - gaya dan getaran - cara kerja alat optik - gelombang berjalan - gelombang stasioner Termodinamika Peserta didik mampu bernalar tentang: - kalor dan perpindahan kalor - gas ideal dan hukum termodinamika Listrik, Magnet, dan Fisika Modern Peserta didik mampu bernalar tentang: - listrik statis - listrik dinamis/ rangkaian satu loop - induksi Faraday - listrik arus bolak- balik - gejala kuantum - teori relativitas |
Kisi - kisi UN Kimia - IPA SMA/MA 2019
Level Kognitif | Lingkup Materi |
Pengetahuan dan Pemahaman - Mengingat - Mengenali - Menentukan - Mengklasifikasi - Menginterpretasi/ menafsirkan - Mendeskripsikan - Membandingkan - Menyimpulkan - Mencontohkan - Memprediksi - Menjelaskan - dan lain-lain | Kimia Dasar Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: - metode ilmiah, hakikat dan peran ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaan alat-alat laboratorium). - model dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang). - konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang) - letak unsur (golongan dan periode) dalam SPU. - tata nama senyawa organik dan anorganik. - persamaan dan penyetaraan reaksi kimia. - hukum-hukum dasar kimia (termasuk hukum gas ideal dan non ideal / RTP), konsep mol dan perhitungan kimia. - konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj). Kimia Analis Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: - pengenalan teknik pemisahan atau pemurnian di laboratorium (destilasi, kristalisasi, sublimasi, kromatografi, dekantasi, magnetisasi, dan lainlain). - larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik. - sifat larutan asam-basa (kuat dan lemah) meliputi konsep kesetimbangan pengionannya dalam larutan. - titrasi asam-basa dan kurva titrasinya (termasuk indikator dan perubahan warnanya). - pH, komponen dan sifat larutan penyangga. - hidrolisis garam (pH, reaksi kesetimbangan hidrolisis). Kimia Fisik Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: - termokimia (pengertian perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap; reaksi eksotermik dan endotermik; menghitung ΔH melalui: kalorimeter, tabel o Hf , hukum Hess, data energi ikatan rata-rata. - laju reaksi (pengertian laju reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menggunakan pendekatan teori tumbukkan; kurva tingkat energi (ΔH) dengan dan tanpa katalis; menentukan orde dan persamaan hukum laju reaksi melalui percobaan. - kesetimbangan Kimia: pengertian kesetimbangan dan hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapannya dalam industri. - pengelompokkan berbagai tipe sistem koloid, kegunaan koloid berdasarkan sifatsifatnya dalam kehidupan sehari-hari. - mengidentifikasi fenomena sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari. - membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit. - reaksi reduksi dan oksidasi kehidupan sehari-hari serta penyetaraannya. - prinsip kerja sel volta dan kegunaannya. - faktor-faktor penyebab korosi dan pencegahannya. - prinsip kerja sel elektrolisis dan penerapannya dalam industri. - penerapan stoikiometri reaksi redoks dan hukum Faraday dalam industri. Kimia Anorganik Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: - sifat periodisitas (jari-jari, energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas elektron, sifat asam-basa dan logam-non logam). - jenis-jenis ikatan kimia serta sifat fisika yang menyertainya (titik leleh, titik didih, daya hantar padatan, lelehan dan larutan). - geometri molekul (melalui teori VSEPR atau struktur ikatan Lewis, dan domain elektron). - hubungan interaksi antar molekul (dipol, london, dan ikatan hidrogen) dengan titik didihnya. - teori asam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atau teori asam basa konjugasi dan Lewis). - unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisi periode – 4 (sifat fisika, kimia atau reaktivitas, manfaatnya, dan prinsip pembuatannya). - manfaat dan pembuatan senyawasenyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri. Kimia Organik Peserta didik mampu memahami pengetahuan mengenai: - proses pembentukan, pemisahan fraksi minyak bumi dan dampak pembakaran hidrokarbon. - pengenalan strukturtata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkil halida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya. - isomer senyawa karbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral). - sifat khas senyawa karbon (geometri: ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (C sp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi). - struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasi adisi dan kondensasi). Catatan: (materi bisa dalam konteks kehidupan sehari-hari/industri). |
Aplikasi - Menghitung - Mengeksekusi - Mengurutkan - Menerapkan - dan lain-lain. | Kimia Dasar Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai: - metode ilmiah, hakikat dan peran ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaan alat-alat laboratorium). - model dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang). - konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang) - letak unsur (golongan dan periode) dalam SPU. - tata nama senyawa organik dan anorganik. - persamaan dan penyetaraan reaksi kimia. - hukum-hukum dasar kimia (termasuk hukum gas ideal dan non ideal / RTP), konsep mol dan perhitungan kimia. - konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj). Kimia Analis Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai: - pengenalan teknik pemisahan atau pemurnian di laboratorium (destilasi, kristalisasi, sublimasi, kromatografi, dekantasi, magnetisasi, dan lainlain). - larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik. - sifat larutan asam-basa (kuat dan lemah) meliputi konsep kesetimbangan pengionannya dalam larutan. - titrasi asam-basa dan kurva titrasinya (termasuk indikator dan perubahan warnanya). - pH, komponen, dan sifat larutan penyangga. - hidrolisis garam (pH, reaksi kesetimbangan hidrolisis). Kimia Fisik Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai: - termokimia (pengertian perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap; reaksi eksotermik dan endotermik; menghitung ΔH melalui: kalorimeter, tabel ΔH, hukum Hess, data energi ikatan rata-rata. - laju reaksi (pengertian laju reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menggunakan pendekatan teori tumbukkan; kurva tingkat energi (ΔH) dengan dan tanpa katalis; menentukan orde dan persamaan hukum laju reaksi melalui percobaan. - kesetimbangan Kimia: pengertian kesetimbangan dan hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapannya dalam industri. non ideal / RTP), pengelompokkan berbagai tipe sistem koloid, kegunaan koloid berdasarkan sifatsifatnya dalam kehidupan sehari-hari. - mengidentifikasi fenomena sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari. - membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit. - reaksi reduksi dan oksidasi kehidupan sehari-hari serta penyetaraannya. - prinsip kerja sel volta dan kegunaannya. - faktor-faktor penyebab korosi dan pencegahannya. - prinsip kerja sel elektrolisis dan penerapannya dalam industri. - penerapan stoikiometri reaksi redoks dan hukum Faraday dalam industri. Kimia Anorganik Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai: - sifat periodisitas (jari-jari, energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas elektron, sifat asam-basa dan logam-non logam). - jenis-jenis ikatan kimia serta sifat fisika yang menyertainya (titik leleh, titik didih, daya hantar padatan, lelehan dan larutan). - geometri molekul (melalui teori VSEPR atau struktur ikatan Lewis, dan domain elektron). - hubungan interaksi antar molekul (dipol, london, dan ikatan hidrogen) dengan titik didihnya. - teori asam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atau teori asam basa konjugasi dan Lewis). - unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisi periode – 4 (sifat fisika, kimia atau reaktivitas, manfaatnya, dan prinsip pembuatannya). - manfaat dan pembuatan senyawasenyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri. Kimia Organik Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai: - proses pembentukan, pemisahan fraksi minyak bumi dan dampak pembakaran hidrokarbon. - pengenalan strukturtata nama senyawa karbon (alkana; alkena; alkuna; alkil halida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya. - isomer senyawa karbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral). - sifat khas senyawa karbon (geometri: ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (C sp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi). - struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produk polimerisasi adisi dan kondensasi). Catatan: (materi bisa dalam konteks kehidupan sehari-hari/industri). |
Penalaran - Menganasilis - Mengorganisasi - Mengatribusikan (menentukan sudut pandang) - Memeriksa/ menguji - Menilai/ mengkritik - Merumuskan/ menentukan hipotesa - Merencanakan/ mendesain - Mengkonstruksi/ memproduksi - Menyarankan - dan lain-lain. | Kimia Dasar Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan: - metode ilmiah, hakikat dan peran ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaan alat-alat laboratorium). - model dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang). - konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang) - letak unsur (golongan dan periode) dalam SPU. - tata nama senyawa organik dan anorganik. - persamaan dan penyetaraan reaksi kimia. - hukum-hukum dasar kimia (termasuk hukum gas ideal dan non ideal / RTP), konsep mol dan perhitungan kimia. - konversi satuan zat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj). Kimia Analis Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan: - prinsip pemisahan atau pemunian campuran yang tepat dilakukan (destilasi, kristalisasi, sublimasi, kromatografi, dekantasi, magnetisasi, dan lainlain) dalam kehidupan sehari-hari - sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya (nonelektrolit dan elektrolit: lemah dan kuat) - konsep kekuatan asam (atau basa) serta kesetimbangan pengionannya dalam larutan (jika dipengaruhi ion senama atau pengenceran) - data hasil berbagai jenis titrasi asam-basa (dikembangkan ke titrasi redoks: penentuan kadar vit. C, kadar glukosa darah, oksigen terlarut, bilangan iodin, dan lain-lain) Kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya. - hidrolisis garam (pH, reaksi kesetimbangan hidrolisis yang dikembangkan pada hidrolisis ester/trigliserida/disak arida/dipeptida atau lebih pada suasana asam atau basa). Kimia Fisik Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan: - termokimia (pengertian perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap; reaksi eksotermik dan endotermik; menghitung ΔH melalui; kalorimeter, tabel o Hf , hukum Hess, data energi ikatan rata-rata. - laju reaksi (pengertian laju reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menggunakan pendekatan teori tumbukkan; kurva tingkat energi (ΔH) dengan dan tanpa katalis; menentukan orde dan persamaan hukum laju reaksi melalui percobaan. - kesetimbangan Kimia: pengertian kesetimbangan dan hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi; faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapannya dalam industri. - pengelompokkan berbagai tipe sistem koloid, kegunaan koloid berdasarkan sifatsifatnya dalam kehidupan sehari-hari. - mengidentifikasi fenomena sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari. - membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit. - persamaan reaksi & penyetaraannya redoks (dikembangkan hingga persamaan reaksi redoks biologis, misal: reaksi pada siklus krebs dan lain-lain). - prinsip kerja sel volta dan kegunaannya. - faktor-faktor penyebab korosi dan pencegahannya. - prinsip kerja sel elektrolisis dan penerapannya dalam industri. - penerapan stoikiometri reaksi redoks dan hukum Faraday dalam industri. Kimia Anorganik Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan: - sifat periodisitas (jari-jari, energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas elektron, sifat asam-basa dan logam-non logam). - jenis-jenis ikatan kimia serta sifat fisika yang menyertainya (titik leleh, titik didih, daya hantar padatan, lelehan dan larutan). - geometri molekul (melalui teori VSEPR atau struktur ikatan Lewis, dan domain elektron). - hubungan interaksi antar molekul (dipol, london, dan ikatan hidrogen) dengan titik didihnya. - teori asam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry dengan kekuatan asam-basa relatifnya, & Lewis). - unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisi periode – 4 (kecenderungan sifat kimia senyawanya: oksida, hibrida, hidroksida, halida, dan lain-lain segolongan/seperiod, manfaatnya, dan prinsip pembuatannya). - manfaat dan pembuatan senyawasenyawa anorganik penting dalam kehidupan sehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asam sulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengan cara laboratorium atau industri. Kimia Organik Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan: - sifat khas senyawa karbon (geometri: ikatan jenuh (C sp3), ikatan tak jenuh (C sp2 atau sp); sifat kimia; reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksi identifikasi). - struktur (geometri; atom C primer, sekunder, tersier, dan aromatik; isomer: posisi, rantai, geometri, fungsi, dan optis), tata nama, sifat kimia (reaksi identifikasi (Fehling, Tollens, Benedict, test yodoform), reaksi kondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, dan eliminasi), sintesis senyawa karbon atau pengubahan gugus fungsi, (alkil halida, alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat & turunannya, amina, benzena & turunannya). Dan kegunaannya. - struktur, sifat, dan kegunaan makromolekul alami (polisakarida & protein) & sintetis (produk polimerisasi adisi & kondensasi) Catatan: (materi bisa dalam konteks kehidupan sehari-hari/industri). |
Terakhir diperbarui: 02-12-2018