Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (Uav) Euro Hawk
Kemayoran, Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018
EuroHawk merupakan hasil tiruan dari Global Hawk yang dilengkapi dengan sensor system sinyal Intelijen yang ditawarkan oleh perusahaan Northrop Grumman dan EADS kepada Kementrian Pertahanan Jerman. Global Hawk memperlihatkan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan akan pesawat pengintai yang sanggup terbang sangat tinggi dan cakupan area pengintaian yang luas selama pengujian di nordholz, Jerman pada isu terkini gugur 2003, dimana telah berhasil melaksanakan 6 penerbangan dengan dilengkapi dengan sensor ELINT yang dikembangkan oleh EADS.
Untuk membuatkan system pengintaian dan pengamatan independent milik Jerman SIGINT pada tahun 2008, kementrian Pertahanan Jerman telah meminta pengiriman EuroHawk dilakukan pada petengahan tahun 2004. Northrop Grumman dan EADS menyanggupi dan berharap akan mendapatkan persetujuan DPR pada selesai tahun. Purwarupa pertama dijadwalkan akan dikirim pada pertengahan tahun 2007 dengan kontrak yang telah disetujui untuk rangkaian produksi dan kemampuan operasional awal dijadwalkan dimulai pada pertengahan tahun 2008. Jadwal tersebut dibentuk untuk memastikan ketepatan waktu penggantian armada SIGINT yang dilengkapi dengan pesawat patrol maritime Brequet Atlantique yang waktu itu masih beroperasi.
Peristiwa penting lainnya dari dikeluarkannya aktivitas EuroHawk ini yakni terbentuknya sebuah perusahaan adonan antara Northtrop Grumman dengan EADS. Perusahaan gres ini berkantor di Jerman yang akan menyesuaikan dengan ajakan pelanggan dan berperan sebagai kontraktor utama nasional yang bekerja untuk Kementrian Pertahanan Jerman selama berjalannya system ini. Persetujuan terkait untuk menjamin teknologi yang dibutuhkan dan pengiriman isu antara Jerman dengan Amerika Serikat telah ditandatangani oleh kedua negara.
Ikhtisar
The German Full Scale Demonstrator, dikembangkan dan dibangun untuk Kementerian Pertahanan Jerman, yakni turunan internasional pertama dari RQ-4 Global Hawk HALE UAS yang sudah terbukti perang dan terbang tinggi. Ini juga merupakan kerjasama pertama trans-Atlantik Northrop Grumman dengan Jerman dan EADS Deutschland GmbH, yang beroperasi melalui Cassidian, divisi pertahanan dan keamanan EADS.
Berdasarkan Global Hawk BACN, German Full Scale Demonstrator akan dilengkapi dengan sistem misi intelijen sinyal gres (SIGINT) yang dikembangkan oleh Cassidian, menyediakan kemampuan standoff untuk mendeteksi kecerdasan elektronik (ELINT) dan kecerdasan komunikasi (COMINT) emitters.
Sebuah stasiun bumi yang terdiri dari kontrol misi dan elemen peluncuran dan pemulihan akan disediakan oleh Northrop Grumman. Cassidian akan menyediakan stasiun ground SIGINT, yang akan mendapatkan dan menganalisis data dari German Full Scale Demonstrator sebagai bab dari solusi sistem terintegrasi.
Dengan bentang sayap yang lebih panjang dari pesawat komersial, daya tahan terbang lebih dari 30 jam, dan ketinggian maksimum operasional lebih dari 60.000 kaki (lebih dari 18 km), German Full Scale Demonstrator yakni pengganti interoperable, modular, dan biaya operasional yang sangat efesien untuk armada renta pesawat patroli Breguet Atlantic yang memerlukan kru atau awak pesawat, yang telah operasional semenjak 1972 dan akan pensiun pada tahun 2010.
Sejarah
Northrop Grumman dan Cassidian memprakarsai aktivitas Demonstrasi Skala Penuh Jerman-Atlantik pada tahun 2000 dengan tujuan mengembangkan sistem pengawasan dan pengintaian dengan pesawat tanpa awak, meliputi area operasional yang luas, yang akan menyatukan keahlian masing-masing perusahaan dalam teknologi UAS dan sensor. Kesepakatan bilateral antara Angkatan Udara AS dan Kementerian Pertahanan Jerman yang ditandatangani pada Oktober 2001 termasuk pengoperasian konsep Hale UAS, integrasi sensor dan aktivitas demonstrasi penerbangan Nordholz dalam pengembangan Demonstrik Skala Penuh Jerman.
Pada bulan Oktober 2003, Angkatan Udara Global Hawk AS yang dilengkapi dengan prototipe sensor Cassida / EADS ELINT berhasil menuntaskan serangkaian penerbangan demonstrasi dari Pangkalan Udara Nordholz Angkatan Laut Jerman di Laut Utara. Penerbangan menandai penerbangan Hale UAS pertama yang berlangsung di wilayah udara Jerman.
Kementerian Pertahanan Jerman memperlihatkan kontrak pada Januari 2007 kepada EURO HAWK® GmbH untuk pengembangan, pengujian dan derma sistem SIGINT Full Scale Demonstrator Jerman. Dibentuk sebagai perusahaan patungan 50-50 oleh Northrop Grumman dan Cassidian, EURO HAWK® GmbH bertindak sebagai kontraktor utama nasional untuk Kementerian Pertahanan Jerman di seluruh siklus hidup sistem Full Scale Demonstrator Jerman.
Pada Juni 2010, Purwarupa Skala Penuh berhasil menuntaskan penerbangan pertamanya dari Northrop Grumman Palmdale, California, akomodasi untuk Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California. Penerbangan feri bersejarahnya ke Jerman selesai Juli 2011. Sistem selanjutnya diperlukan untuk pengiriman antara 2016 dan 2017 sesudah pengujian dan pengenalan yang sukses dalam layanan operasional Jerman.
Spesifikasi Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Euro Hawk
Asal Negara: Amerika Serikat, Jerman
Tipe Pesawat : Pesawat Tanpa Awak
Bobot : 32,250 lbs. (14,628 kg) (Penuh)
Daya angkut :
Internal & Eksternal : 3,000 lbs. (1,360 kg) kg
Dimensi :
Panjang Pesawat: 47.6 ft. (14.5 m)
Bentangan sayap : 130.9 ft. (39.9 m)
Tinggi : 15.4 ft. (4.7 m)
Mesin :
Performa :
Kecepatan maksimum : lebih dari 570 km/jam
Terbang Ferry : 12,300 nm (22,780 km)
Ketinggian maksimum : 60,000 ft. (18.3 km)
Daya tahan terbang : 30 jam lebih pada kecepatan jelajah ekonomis
Sumber :
Pesawat Tanpa Awak
Unmanned Aerial Vehicle (UAV)
Ferdinan Peys